Senin, 01 Februari 2016

Cerpen Anak (Bagian 1)

“Market day di Sekolah Alkhoir”

Adhi, begitu teman-teman memanggilnya. Pagi itu disekolahnya sedang ada kegiatan yang bernama ‘marketday’. Dimana setiap kelas disekolah itu belajar membuat sebuah produk dan menjualnya di lingkungan sekolah saat jam istirahat pertama. Kegiatan itu diadakan selama 1 minggu dari hari senin sampai dengan jum’at. Dan ternyata kelas Adhi yaitu kelas 4 alif mendapat tugas di hari Jum’at.

Di hari pertama marketday, Adhi membeli 3 jenis makanan  sekaigus. Namun di hari kedua Adhi tidak mendapat makanan satu porsipun karena kehabisan. Keesokannya Adhi bergegas membeli makanan agar tidak kehabisan, Adhi yang bertubuh besar ini termasuk siswa yang suka makan dan jajan, dihari ketiga dia tidak puas dengan makanan yang dibelinya, bukan karena tidak enak ataupun makanannya terbuat dari bahan yang negatif, tetapi karena porsi makanannya yang kurang banyak. Dihari itu dia hanya dapat 1 porsi pudding, padahal saat sebelum mengantri dia sudah memesan 5 pudding kepada petugas hari itu, namun saat dia akan mengambil pesanannya, tiba-tiba ada beberapa siswa membeli pudding, dengan berat hati bercampur kasihan, akhirnya Adhi memberikan 4 pesanan puddingnya untuk dibeli siswa-siswa tersebut.

Sesampai di kelas, “wahduhduh, aku baru inget setelah ini kan ada pelajaran olahraga!”, kata Adhi dalam hati. “Perutku masih lapar nih, 1 porsi pudding ini gak cukup buat mengenyangkan perutku ini” curhat Adhi kepada Dani teman sebangkunya. “Adhi, aku bawa cemilan cukup banyak nih, minuman juga ada nih, kamu mau?” tawar Ali teman kelasnya yang duduk di barisan depan bangkunya. “Mau mau,,, Alhamdulillah terima kasih Li, kamu baik banget sih”, ucap Adhi. “Iya Dhi sama-sama, sesama teman kan kita harus saling berbagi.” Kata Ali. “Iya Dhi, mungkin Allah membalas kebaikanmu karena kamu sudah memberikan pudding yang kamu pesan untuk siswa yang lain.” Kata Dani. “ya Alhamdulillah, terima kasih ya teman-teman.” Ucap Adhi kepada teman-temannya.




                Akhirnya Adhi dapat mengenyangkan perutnya dan bisa mengikuti pelajaran olahraga dengan baik.  Sebelum jam pulang, kami pun mendiskusikan persiapan untuk marketday, dari pembagian tugas, pembawaan alat masak, bahan yang akan dimasak dan hal lainnya agar kegiatan jualan kelas kami terlaksana dengan baik. Aku mendapat tugas mempromosikan makanan kepada kelas lain, bersama Ali dan Dani. Dengan semangat dan rasa deg-degan kami melaksanakan tugas mempersiapkan jualan kami nanti dihari Jum’at.

                
Bersambung … 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar