Selasa, 26 Januari 2016

Agar Semangat Menulis


Sebuah rutinitas harus dibangun dan dibiasakan seperti saat pertama kali anda berjalan dengan dua kaki atau mengendarai sepeda motor. Tak ada yang instan kecuali mie instan namanya, semua sesuatu yang WOW atau menakjubkan ataupun sekedar membanggakan diri sendiri saja pasti perlu dan butuh yang namanya rutinitas atau pembiasaan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja bahkan dipaksakan. Apalagi demi kebaikan, awalnya mungkin butuh pembiasaan yang sangat memaksa dan perlu dipaksa.

Pemaksaan pembiasaan yang lebih baik juga perlu niat dan visi serta misi yang kuat dan sadar serta ikhlas, agar hasil yang diharapkan dapat tercapai walau mungkin saat ini masih jauh melampaui. Khususnya menulis, tidak hanya sekedar menulisa tanpa arah dan tujuan tapi menulis yang baik, bermanfaat dan dapat dimanfaatkan oleh banyak orang tentu perlu pembiasaaan yang sangat butuh kesabaran, keuletan, kedisiplinan dan kekuatan niat yang jelas arah, tujuan dan alasannya.

Mungkin terkadang merasa ini bukan bakat kita, tapi percayalah bakat tidak dapat ditemukan begitu saja dalam waktu singkat, kita perlu mencoba berbagai hal agar lebih mantap dan yakin dengan bakat yang kita punyai. Sekalipun di sekolah kita sering menulis, tapi menulis yang inspiratif serta bermanfaat butuh pembiasaan yang tidak hanya ditopang dengan bakat, bahkan tanpa bakatpun kita bisa melakukan hal itu.

(Jatisari, 21 Jan 2016)
Banyak nasihat yang mungkin sering kita dengar untuk bisa menulis, tetapi kenapa sampai saat ini kita belum juga bisa menulis, sebab satunya mungkin kita belum mempunyai visi dan tujuan kita menulis sehingga niat yang kita buat tidak kuat jida menghadapai tantangan atau godaan rasa malas.  Mulialah menulis satu kata demi sat kata, kalimat demi kalimat akan teruntai dengan tenang, mengalir sampai hilir yang takkan pernah ada ujungnya, sampai benar-benar tepi-tepi aliran menumbuhkan pepohonan hijau yang menghidupi kehidupan disekitarnya.


Selamat memulai menulis, dan mengalirkan harapan dan ide serta semangat dan kebiasaan membiasakan kebaikan untuk lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar